Istana

Umat islam tidak disuruh untuk membangun istana di dunia. Tapi di akhirat

jadi, harta bukan buat bikin istana (rumah) sebesar-besarnya. tapi untuk membangun istana di surga

Hacking Xiaomi XiaoYi CCTV

Tempo hari, saya membeli kamera CCTV yang relatif murah dan ada nightvision-nya, yaitu Xiaomi XiaoYi CCTV.

Overall, gambarnya cukup bagus untuk kamera CCTV. Namun, untuk mengakses kameranya, perlu menginstal aplikasi MiHome.

Di aplikasi MiHome ini, kamu bisa melihat rekaman, dan ada timeline untuk mencari kapan motion sensor-nya aktif. Dan yang kerennya adalah, ada push notification ketika ada gerakan yang terdeteksi oleh kamera.

Namun, hal itu tidak berlangsung lama sampai pada suatu hari, aplikasi MiHome-nya tidak bisa digunakan. Saya ngubek-ngubek google, ngga nemu APK yang jalan buat ngeliat kamera CCTV.

Lalu, saya-pun menemukan Yi-Hack untuk menjadikan kamera Xiaomi ini menjadi IPCam yang bisa stream RTSP >> https://github.com/fritz-smh/yi-hack/

Sayapun ngubek seharian kode-nya gak jalan-jalan. Berikut ini perjalanannya:

  • Pertama kali copy file ke sd, kamera tetap pada warna kuning. Padahal, harusnya jadi biru.
  • Saya-pun mencoba revert ke versi ini >>> https://github.com/fritz-smh/yi-hack/tree/81f5dbf3dd2117c87deb50f1b3df5498dc6da889 dan hasilnya, bisa nyala jadi biru. Tapi, HTTP dan RTSP tidak jalan
  • Saya pun mencoba telnet ke kamera Yi. Lalu mencoba nge-start service http dan rtsp-nya. Ternyata, ada masalah segmentation fault
  • Lalu saya cari-cari issue tentang segmentation fault di¬†https://github.com/fritz-smh/yi-hack/issues . Ada 2 thread, yang satu bilang ‘gak ada file home’, yang satu lagi bahasa portugal gak jelas ūüėÄ (pake translate pun masih gak jelas)
  • Lalu saya membuka satu link dari thread di sana >>¬†http://xiaoyi.querex.be/ dan membaca, suruh coba image M
  • Tetap gak bisa…
  • Lalu saya coba image A. Dan ternyata bisa nyala
  • Tapi, beberapa kali saya jalankan, malah gak bisa di-ping. Seolah-olah TCP/IP nya gak jalan
  • Setelah diselidiki, ternyata HTTP server-nya error
  • Saya coba disable HTTP servernya di startup equip-test.sh. Lalu, jalanin manual via telnet, dan BISA
  • Akhirnya, script equip-test.sh saya utak-atik agar semua service nya menyala secara otomatis.

Ini file hasil ulikan saya. Barangkali bermanfaat >> http://kamil.web.id/files/yi-hack-2.rar

*BTW, katanya ada yang bilang camera xiaomi bisa di-crack (atau istilah limrah¬†dihack. Sebenernya¬†banyak orang yang salah kaprah antara arti ‘hack’ dan ‘crack’) Jadi, opsi menjadikan Xiaomi XiaoYi CCTV sebagai IPcam bisa mengindari risiko diatas.

Legitimasi Pribadi

Cerita ini hanyalah karangan belaka. Apabila ada kesamaan/kemiripan dengan kejadian nyata, sengaja. Biar bisa diambil pelajarannya.

Sebutlah seorang pria bernama AP. Dia bekerja sebagai penjaga toko di suatu ruko pinggir jalan. Majikannya menggaji dia hanya dengan 500 ribu sebulan. Setiap minggu dia disuruh oleh majikannya untuk belanja alat-alat pendukung toko.

AP merasa penghasilannya sangat kecil sekali. Buat kebutuhan sehari-hari dirinya sendiri saja sudah pas-pasan. Kebutuhan sekunderpun sepertinya sulit dipenuhi. Belum lagi dia harus menafkahi istri dan seorang anaknya. Padahal, upah minium regional di kotanya mendekati 2 juta rupiah.

Ia pun bergumam pada dirinya, kalaulah dihitung-hitung, pekerjaan saya ini pantas untuk dibayar setidaknya 1,5 juta sebulan. Dengan asumsi itu, ia-pun melakukan hal-hal yang sebetulnya tidak benar, diantaranya mengambil uang dari kasir, ya barang 10 sampai 20 ribu sehari, atau memberikan kembalian yang kurang ke pembelinya, pikirnya kalau hanya seribu-duaribu orang tidak sadar.

Selain itu juga, ketika ia disuruh belanja alat pendukung toko, ia pun me-markup barang belanjaannya. Kadang ia sambil membeli barang kebutuhannya ketika belanja, kadang juga membelikan temannya barang dengan uang belanjaan majikannya.

Lama kelamaan, majikannya pun sadar bahwa AP sering melakukan hal tersebut. Lalu sang majikan-pun melakukan operasi tangkap tangan untuk menjebak AP, dan akhir-nya pun AP tertangkap basah ketika melakukan aksi-nya.

Sebenarnya kisah di atas adalah contoh korupsi, pada skala yang kecil (kalau dibandingkan orang yang korupsi / markupnya milyaran). Menurutku, orang koruspi bisa jadi karena:

  • Apa yang ia peroleh kurang dari apa yang ia inginkan / butuhkan
  • Ia bisa melakukannya, dan merasa tidak akan ketahuan
  • Karena rakus…
  • Karena sudah lazim dilakukan teman-temannya

By default harusnya orang tuh udah jujur, amanah, bisa dipercaya, dan ngga usah diperiksa lagi… Tapi ya ngga semua orang dididididik untuk berintegritas. Lha wong yang dididik untuk berintegritas juga bisa¬†aja¬†lasud.

Kenangan Ramadhan (1)

Suatu malam, saya ikut tarawih di Masjid Salman ITB

Datanglah seorang anak dengan bapaknya.
Lalu sang anak bertanya:

“Pah, itu Allah?”
*sambil nunjuk ke Pak Akhmaloka yang lagi ceramah*

*I laughed a little*
(memang sih, Pak Akhmaloka tampak berwibawa postur tubuhnya. dan dia sedang berdiri di mimbar)

Konflik dalam Doa

Suatu hari seseorang menghadiahkan kucing persia ke ibuku. Kucing itu pun tinggal di rumahku. Kucing itu diberi nama Luna.

Namun, karena Luna masih baru tinggal di rumah beberapa hari, ia pun belum beradaptasi. Seringkali buang air di atas kasur. Kasur kamarku, kasur kamar ibu, dan kasur kamar adik. Alhasil aku-pun kesal.

Aku punya habit, setiap subuh aku memanjatkan 9 doa tentang apa yang aku inginkan, dan setiap maghrib memanjatkan 9 doa tentang apa yang aku berlindung terhadapnya. Beberapa doa yang terpanjat setelah aku kesal adalah:

  • Lindungilah aku dari gangguan makhluk-Mu, dan
  • Lindungilah harta yang engkau titipkan kepada-ku

Yang terjadi adalah… si Luna dicuri oleh para pengamen yang sering nongkrong di depan rumah. Dan¬†kelihatannya seolah-olah doa-ku ini tidak terkabul karena:

  • Gangguan pencuri (makhluk manusia) tetap terjadi
  • Harta (kucing) tetap hilang

Namun, apabila dicermati lagi, sebetulnya doa tersebut terkabul, karena:

  • Aku terlindungi dari gangguan kucing yang mungkin kedepannya bakal buang air di dalam rumah lagi
  • Harta-ku terlindungi dari cost memelihara kucing yang mahal. Masa grooming¬†aja 70 ribu, belum lagi makanyannya 2 minggu 100 ribu.

Yah, saya sih hanya orang yang ngga tahu mana yang terbaik. Yang pasti, Allah tahu mana yang terbaik.

P.S. ketika para pengamen diinterogasi, mereka ngaku-nya ngga tau. Padahal, jelas-jelas ada foto buktinya tuh kucing diambil. (foto: kucing-nya di tengah)

WhatsApp-Image-20160430 (1) WhatsApp-Image-20160430

Uang Jajan Anak

Berikan anak uang jajan per-harinya
– Maka ia akan belajar mengatur uangnya sehari-hari

Berikan anak uang jajan per-minggunya
– Maka ia akan belajar mengatur pengeluarannya

Berikan anak uang jajan per-bulannya
– Maka ia akan belajar menabung dan berhutang

Jangan berikan anak uang jajan
– Maka ia akan belajar untuk mencari uang dan bertahan tanpa uang

Laravel: Should I Choose HHVM or PHP-FPM

My conclusion:
HHVM beats PHP-FPM by 20% to 45% at both request per second and average response time.

Well, if you also include database operation, the time margin should be around the same (the percentage may differ though), considering both HHVM and PHP-FPM consume about same time for database operation.

I ran the test for Lumen 5.2 and Laravel 5.2 using Apache Bench. The PHP version used is 5.6.13 and NGinx version 1.4.6.

If you are curious of¬†“even¬†better performance for Laravel”, try ReactPHP+NGinx (refer to¬†http://marcjschmidt.de/blog/2014/02/08/php-high-performance.html) because it eliminates Laravel bootstrap’s code just being ran once at server startup, instead of ran at each request (See also¬†https://github.com/php-pm/php-pm). But there is a fatal drawback: If your code throw uncatched exception, your¬†server dies. Also other drawbacks such as reload server on code change and potential memory leaks.

If you need the test results¬†/ source code, just contact me. I don’t feel like putting them on this blog.

Gap

Few weeks ago I stumbled upon a manga¬†title that I already readed, The World God Only Knows¬†(TWGOK). So, I took initiative to re-watch the anime. The series is about a boy who uses love to cast out¬†runaway spirit that hide on gir’s gap of heart, and catch it.

This is Keima, MC (Main Character) of the series
This is Keima Katsuragi, MC (Main Character) of this series

It turns out¬†the ending left gap on my heart… (it’s a bit different with the manga, and better)

My mind was starving and re-watched the anime again and re-read the manga. I was insatiable. My heart felt empty yet serene, and I questioned what’s the importance of love anyway.

Even my nickname on students committee jacket is influenced
Even my nickname on students committee jacket is influenced

<aside>

This week, I recount that I haven’t attended islamic talk, because the regular event got halted since this weeks is The Birthday of Our Propeth Muhammad. So, today I attended a talk nearby.

The point is, if a heart is not filled with quran, then it would be filled with demon. I see an intersection between the series and the reality. As I recount, I also haven’t recite quran and study islam enough recently.

Well then, I found the method to close gap on my heart, by filling it with quran.

I wonder if this method works in the series :))

</aside>

If you are interested, you can see the creator’s blog (it’s japaneese)