Hari Lahir Pancasila

Mulai tahun 2017, tanggal 1 Juni dijadikan hari libur berdasarkan kepres waktu tahun 2016 (jadi presiden bisa ya nge-liburin se-negara)

Tapi, cobalah merenung terkait sila-sila yang ada (di bawah hanyalah simulasi dari kelakuan orang-orang sekitar, bukan pendapat saya)

1. Ketuhanan yang Maha Esa

yakin situ udah rajin solat 5 waktu, puasa yang bener, gak makan-minum yang haram?

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

yaelah pembantu di rumah aja dikasarin. belum lagi sama tetangga sebelah gak akur, malah bahkan gak kenal. ketemu orang bawaannya marah2 mulu, gak ada adab-nya.

3. Persatuan Indonesia

males ikut upacara. skip ah.

*lalu menyebarkan konten-konten hoax / framing berita pemecah belah bangsa*

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam pemusyawaratan perwakilan

ah gw apatis sama politik. lahan kotor gitu kok. isinya juga orang-orang yang begitu. (mangkanya, ikut andil dan ngubah dong…)

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia

lu orang punya karyawan digaji dibawah UMR. gilirannya untung gede ngga bagi-bagi. kapitalis banget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *